10 Desain Ruang Tamu Kecil Minimalis Sederhana

desain ruang tamu kecil minimalis sederhana

Ruang tamu adalah ruangan yang kerap kali terletak di bagian depan sebuah rumah. Sedangkan jika Anda memiliki desain ruang tamu kecil berukuran terbatas tentu bukan masalah apabila Anda dapat menyiasati dan menatanya dengan pilihan yang tepat agar lebih terlihat minimalis.

Banyak hal yang harus Anda cermati dan perhatikan dengan baik dalam mendekorasi ruang tamu agar tetap terlihat luas dan lapang.

Dengan penataan yang tepat, desain ruang tamu kecil Anda akan memberi nuansa nyaman dan dapat membuat semua orang yang berada di dalamnya merasa betah.

Berikut ini ada beberapa inspirasi untuk desain ruang tamu kecil dengan ukuran ruang terbatas untuk rumah berukuran minimalis yang dapat Anda aplikasikan di rumah Anda:

1. Menggunakan Perabot Multifungsi

Menggunakan Perabot Multifungsi

Perabot multifungsi merupakan solusi praktis paling tepat untuk menyiasati ruang tamu minimalis berukuran sempit karena dapat memberikan banyak tempat penyimpanan.

Gunakan rak penyimpanan yang dapat sekaligus difungsikan sebagai penyekat ruangan. Pilih penyimpanan dengan desain ringan, sederhana dan minimalis agar tidak memberi kesan penuh, namun tetap fleksibel dan fungsional.

Perabot ini dapat dijadikan sebagai dudukan tambahan atau juga bangku kaki, lengkap dengan penyimpanan tertutup dibawah bagian tempat duduk. Dapat menyimpan berbagai macam benda keperluan Anda sehari-hari.

Sangat cocok untuk melengkapi sofa di ruang tamu minimalis dan kecil Anda.

2. Memilih Jam Dinding Sebagai Dekorasi

Memilih Jam Dinding Sebagai Dekorasi

Jam dinding memiliki fungsi penting dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, namun juga dapat dijadikan sebagai bagian dari dekorasi di ruang tamu minimalis Anda.

Buat jam dinding yang biasa ditempel di dinding terlihat lebih menarik dengan meletakkannya di atas rak bersama dengan kotak penyimpanan, koleksi pajangan dan buku-buku Anda.

Pilih jam dinding dengan bentuk sederhana dan gaya modern minimalis yang sesuai dengan keseluruhan tampilan ruangan.

3. Menggunakan Warna Cat Tembok yang Terang

Menggunakan Warna Cat Tembok yang Terang

Salah satu ide untuk menyiasati ruang tamu Anda yang berukuran terbatas agar tetap terlihat luas yaitu dengan menggunakan cat dinding berwarna putih, abu muda, krem, warna-warna netral yang terang karena dapat memberi kesan bersih dan lapang.

Warna terang juga dapat dengan mudah dikombinasikan dengan warna-warna ceria yang berani sebagai aksen ruangan agar terlihat lebih hidup dan tidak membosankan.

Ruang tamu minimalis yang memiliki warna dinding seperti ini akan memberi tampilan ruang yang lebih cerah, terang, nyaman dan terasa menyenangkan.

4. Menyesuaikan Ukuran Sofa dengan Ukuran Luas Ruang Tamu

desain ruang tamu kecil

Memiliki sofa di ruangan kecil seringkali menjadi masalah karena dianggap menyita terlalu banyak ruang. Padahal dengan pemilihan bentuk sofa dan warna sofa yang tepat, ruangan Anda akan tetap terlihat proporsional.

Hindari menggunakan sofa berukuran besar karena akan membuat ruang tamu minimalis Anda terasa semakin sempit. Pilih sofa dengan ukuran yang pas jika dibandingkan dengan keseluruhan luas ruangan dan padu padankan dengan meja tamu dan lampu yang memiliki tampilan ringan untuk memberi kesan lega dan lapang.

Sofa minimalis dengan bentuk sederhana merupakan pilihan paling tepat untuk ruang tamu berukuran terbatas.

5. Memanfaatkan Fungsi Dinding Secara Maksimal

Memanfaatkan Fungsi Dinding Secara Maksimal

Walaupun Anda memiliki ruang tamu dengan ukuran yang terbatas, namun tentu Anda tetap dapat memaksimalkan penyimpanaan dengan memanfaatkan fungsi dinding secara vertikal dengan baik.

Gunakan beberapa rak dinding, ambalan rak dan kotak display berpintu kaca untuk memajang berbagai koleksi buku dan majalah, pajangan, tanaman, serta tambahkan juga bingkai yang berisi gambar favorit Anda.

Jangan lupa lengkapi dengan lampu atau pencahayaan yang tepat agar ruangan Anda terlihat cantik. Jadikan semua itu bagian dari keseluruhan dekorasi ruangan.

6. Tempatkan Gambar Favorit atau Kolase Foto

Tempatkan Gambar Favorit atau Kolase Foto

Tampilkan berbagai koleksi foto atau gambar kesukaan Anda dengan mengkreasikan kolase di dinding ruang tamu minimalis Anda.

Pilih posisi dinding yang berukuran lebar dan terbuka, serta terkena banyak cahaya agar kolase dapat terlihat jelas dari berbagai arah. Bebaskan imajinasi Anda untuk menemukan bentuk kolase yang paling Anda sukai.

Buatlah eksperimen dengan bantuan kertas yang dipotong-potong menyerupai bentuk dan ukuran semua bingkai yang nantinya akan dipakai dan coba susun semuanya di lantai.

Setelah menemukan bentuk keseluruhan kolase yang Anda inginkan, pindahkan dan pasang ke dinding. Untuk membuatnya terlihat lebih menarik, jangan ragu untuk mengkombinasikan beberapa macam bingkai yang berbeda bentuk, tekstur, ukuran, dan warna.

Buat rangkaian cerita dengan kolase foto Anda agar terlihat unik dan lebih menarik. Tambahkan pula lampu dan pencahayaan yang tepat untuk menerangi kolase Anda.

7. Menggunakan Cermin Agar Terlihat Lebih Luas

Menggunakan Cermin Agar Terlihat Lebih Luas

Cermin mampu menghadirkan efek ilusi yang dapat membuat ruangan Anda terlihat sedikit lebih luas karena pantulannya. Menempelkan cermin di dinding ruang tamu minimalis memiliki trik tersendiri yaitu idealnya berukuran ¾ dari luas keseluruhan bidang dinding.

Apabila area yang ditempeli cermin terlalu kecil, efek lega tidak akan terlihat. Cermin juga sebaiknya ditempatkan di bagian dinding yang berhadapan langsung dengan jendela atau dikenai banyak cahaya agar efek pantulannya lebih maksimal.

Sesuaikan pula model cermin yang akan Anda gunakan dengan gaya ruang tamu Anda secara keseluruhan agar tampilan terlihat serasi. Gunakan cermin berbentuk panel-panel yang dapat dengan mudah Anda kreasikan sehingga membentuk sebuah cermin berukuran besar.

8. Taruh Tanaman Hijau dan Perabot Berbahan Natural

desain ruang tamu kecil dengan tanaman

Untuk memberi nuansa yang sejuk dan asri di dalam ruang tamu, gunakan perabot dengan bahan natural dan tambahkan pula beberapa pot tanaman hijau yang ditata rapi dan diletakkan di sudut-sudut ruang.

Selain dapat membuat ruangan Anda yang sempit terasa lebih segar, tanaman juga dapat membantu menjadi filter udara alami, mengatur suhu udara dan memberi nuansa luar ruang ke dalam ruang tamu minimalis Anda.

Tak hanya dapat menghadirkan kesan alami, namun juga akan terlihat cantik dan nyaman untuk dipandang. Atau Anda pun bisa menggunakan tanaman tiruan atau tanaman hias untuk menambah suasana hijau di ruang tamu.

9. Gunakan Karpet untuk Melembutkan Suasana

desain ruang tamu kecil menggunakan Karpet untuk Melembutkan Suasana

Penggunaan karpet sangat penting bagi ruangan Anda. Dengan bantuan karpet, ruangan Anda akan terasa lebih hangat dan lembut.

Karpet dapat melapisi permukaan lantai dari gesekan atau kerusakan ketika ada benda yang jatuh dari atas meja, memberi nuansa hangat pada ruangan, dan juga sebagai alas ketika Anda ingin duduk-duduk di bawah.

Sekarang ini, karpet tidak hanya digunakan karena fungsinya, namun juga dari segi estetika yang dapat membuat ruangan Anda terlihat lebih cantik dan bergaya. Untuk ruangan dengan luas terbatas, sangat penting memilih karpet dengan ukuran yang tepat.

Karpet pilihan Anda sebaiknya tidak menutupi 50% dari area lantai. Anda juga harus memperhatikan pemilihan motif dan warnanya, lalu cocokkan pula dengan keseluruhan tema ruangan agar ruang tamu minimalis Anda terlihat selaras, tidak terasa sempit dan sesak.

Material karpet juga harus jadi bagian yang harus Anda cermati dengan baik. Untuk area ruang tamu yang akan sering di datangi banyak orang dan memiliki aktivitas tinggi, pilihlah karpet yang nyaman namun mudah dibersihkan.

10. Gunakan Pola dan Warna Berani

desain ruang tamu kecil dengan Pola dan Warna Berani

Memiliki ruang berukuran kecil jangan menjadikan Anda takut untuk bereksperimen memakai pola-pola grafik dan warna-warna terang yang berani.

Dengan menggunakan warna dinding berwarna cerah, Anda dapat mengkombinasikannya dengan motif unik yang menarik agar ruangan Anda lebih terbuka dan tak terlihat membosankan.

Tabrak pola dan warna dapat menghidupkan ruangan Anda yang berukuran terbatas tanpa menjadikannya terasa sempit, namun Anda tetap harus melihat gaya dari keseluruhan ruangan agar tetap terlihat selaras.

Maka kreasikan daya imajinasi Anda untuk membuat ruang tamu terasa lebih menyenangkan dan sesuaikan dengan kepribadian Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Butuh bantuan? Chat kami